DPRD Minta Pemkot Susun Regulasi Soal Penanganan Limbah

METRO – Tingginya akngka pencemaran limbah organik di sejumlah sungai M menjadi perhatian kalangan DPRD Kota Metro. Karenanya dewan meminta Pemerintah Kota Metro membuat regulasi dalam penanganan limbah domestik.

“Regulasi ini untuk mendorong kesadaran masyarakat, serta antisipasi terhadap dampak limbah dalam jangka pendek dan jangka panjang. Karena sudah sekitar 50—75 % Kota Metro telah terbebani limbah organik yang berada di dalam sungai,” ujar Wakil Ketua Komisi I Nasrianto Effendi.

Menurutnya, besarnya jumlah pencemaran domestik yang masuk ke sungai ditentukan oleh kesadaran masyarakat terhadap dampak pembungan limbah. Karenanya diperlukan adanya regulasi yang dapat mendorong kesadaran masyarakat. “Ini menjadi urgen bagi kita, mengingat tingkat pemukiman penduduk yang ada terus tumbuh dan berkembang pesat,” jelasnya.

Senada dikatakan Sekretaris Komisi II Julianto, yang juga Ketua Fraksi PKS. Ia menambahkan diperlukan upaya pengelolahan limbah cair sebelum masuk ke sungai, di samping melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap pertumbuhan permukiman.

Diakuinya, perlu diingatkan akibat pembuangan limbah yang tidak berada pada tempatnya akan dapat mengakibatkan munculnya berbagai penyakit, diantaranya, saluran pernafasan, saluran pencernaan dan penyakit lainnya. “Persoalan ini menjadi penting untuk segera ditangani oleh Pemkot,” tukasnya.(ria)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM