Soal Pasar Shopping, Senin DPRD Panggil Pedagang dan Ekskutif

METRO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro akan memanggil pihak ekskutif dan pedagang untuk melakukan rapat dengar pendapat (Hearing) pada Senin (15/7/2019). Itu menyusul rencana pembangunan Pasar Shopping Kota Metro.

Demikian dikatakan Ketua DPRD Kota Metro Anna Morinda. Menurutnya, pada dasarnya dewan mendukung rencana ekskutif untuk melakukan pembangunan untuk masyarakat. Namun pengawasan tetap akan dilakukan DPRD untuk kepentingan masyarakat khususnya para pedagang.

“Pasar ini kan untuk kepentingan publik. Jadi kita harus berhati-hati dalam mengambil kebijakan untuk kepentingan masyarakat khususnya pedagang,” ungkapnya.

Diakuinya, pihaknya telah berkoordinasi dengan ekskutif terkait pembangunan Pasar Shopping. Namun dari keterangan ekskutif masih dibahas di internal ekskutif, sehingga belum diekspos ke DPRD.

Meski begitu, lanjutnya, dalam proses pembangunan memang ekskutif memiliki wewenang untuk tidak meminta persetujuan DPRD dalam mengambil kebijakan. Ekskutif meyakini kebijakan diambil Permendagri Nomor 19 yang menjadi pegangan pihak ekskutif untuk melakukan kesepakatan.

“Tapi jangan lupa dicek dulu, prosesnya sudah selesai atau belum. Karena masalah Pasar Shopping ini kan kaitannya dengan pembangunan terdahulu,” ungkapnya.

Menurutnya, pada prinsipnya DPRD mendukung pembangunan pasar Shopping. Apalagi kondisinya seperti itu. “Memang sudah waktunya kita benahi. Tapi kita kita harus bertanya, nanti penampungannya bagaimana. Kita juga harus tahu apakah akan melanjutkan pihak pengembang yang lama atau yang baru, ada perubahan isi atau tidak. Jangan sampai pembangunan yang dilakukan justru akan menyengsarakan masyarakat khususnya para pedagang,” tukasnya. (ria)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM