5 Raperda Inisiatif DPRD Disahkan

METRO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro mengesahkan 5 rancangan peraturan daerah (Raperda) inisiatif. Kelima raperda tersebut diantaranya Raperda tentang Perubahan Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah tahun anggaran 2019.

Kemudian Raperda tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Raperda tentang Penataan Kawasan Pemukiman dan Perumahan Kumuh. Lalu, Raperda tentang Perlindungan Konsumen dan Raperda tentang Perubahan atas Perda Kota Metro Nomor 24 tahun 2016 tentang pembentukan susunan perangkat daerah Kota Metro.

Dalam sambutannya, Walikota Metro Achmad Pairin mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada DPRD terhadap raperda yang telah dibahas bersama-sama. Karena kata Pairin, bagaimana pun juga kelima raperda tersebut menjadi kebutuhan serta diharapkan dapat membawa perkembangan dan kemajuan bagi Kota Metro di masa yang akan datang.

“Seperti Raperda tentang Penataan Kawasan Pemukiman dan Perumahan Kumuh diharapkan dapat meningkatkan kualitas terhadap perumahan kumuh dan permukiman kumuh dalam mewujudkan perumahan dan kawasan permukiman yang layak huni. Selain itu juga sehat, aman, serasi, teratur serta sesuai dengan tata ruang wilayah,” paparnya.

Sementara itu, untuk Raperda tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) diakui Pairin merupakan babak baru bagi tata kelola atau manajemen pemerintahan di Indonesia. Selain itu, SPBE tak sekedar mengubah administrasi pemerintahan yang tadinya manual menjadi digital atau komputerisasi.

“Lebih dari itu sistem organisasi perangkat daerah bahkan antar instansi harus terhubung atau terintegrasi. Oleh karena itu, pemerintah sangat mengapresiasi adanya Raperda tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik ini,” bebernya. (ria)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM