Dua Bebas, Napiter dan Napi Korupsi Tak Dapat Remisi

METRO РMemperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 74 Republik Indonesia, Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kota Metro akan remisi umum sekitar 349 orang warga binaannya, pada 17 Agustus 2019 mendatang.

Remisi sendiri dijadwalkan akan diberikan secara simbolis oleh Wali Kota Metro Achmad Pairin, Hal itu diungkapkan Kepala Lapas Kelas II A Kota Metro Ismono,  menurutnya para warga binaan yang mendapat remisi merupakan warga binaan yang memenuhi syarat.

“Rinciannya mulai dari Remisi Umum (RU I) Kriminal ada 306 orang, dengan rincian remisi 1 bulan 57 orang, remisi 2 bulan 67 orang, remisi 3 bulan 110 orang, remisi 4 bulan 42 orang, remisi 5 bulan 22 orang dan remisi 6 bulan 8 orang,” jelas Ismono, Rabu (14/8).

Kemudian untuk Remisi Umum I (Narkoba) PP 99 sebanyak 41 orang, dengan rincian Remisi 2 bulan 5 orang, remisi 3 bulan 20 orang, remisi 4 bulan 7 orang dan remisi 5 bulan 9 orang. “Sedangkan ada dua orang yang akan bebas dari kasus kriminal, karena jumlah masa tahannya telah lewat setelah kena remisi,” tambahnya.

Saat ini sendiri menurut Ismono warga binaan Lapas Metro berjumlah 583 orang. “Yang dapat remisi ini yang memenuhi syarat seperti minimal telah menjalani hukuman enam bulan, namun memang dari 349 orang yang diusulkan remisi baru akan tahu disetujui pada H-2 sebelum Hut RI,” ujarnya.

Namun ada beberapa tahanan yang tidak diusulkan remisi, seperti satu orang tahanan kasus teroris dan korupsi. “Yang teroris karena tidak mau mengakui NKRI, tandatangan justis kolaborasi dan tidak mau ungkap kasusnya. Sementara yang korupsi karena masa hukumannya telah selesai dan masih menjalani subsider serta uang pengganti,” ungkapnya.

Jumlah yang diusulkan untuk remisi tahun 2019 ini lebih besar dari pada tahun 2018 lalu yang hanya 200 orang. “Kalau berkaca dari tahun lalu ada 200 yang diusulkan semuannya di setujui pusat, dan saya yakin tahun ini semua disetujui lagi,” pungkasnya.(Yok)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM