Jelang SP2020, BPS Jalin Komunikasi dengan Pemkot

METRO – Menjelang pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) tahun 2020 sejumlah persiapan dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Metro. Upaya tersebut salah satunya dilakukan dengan menjalin komunikasi dengan Pemerintah Kota Metro.

“Tadi saya barusan bertemu dengan Asisten II Walikota untuk membahas rencana SP2020. Komunikasi lain juga sudah disampaikan melalui rapat koordinasi (Rakor) bersama pemkot,” terang Kepala BPS Kota Metro Mimik Nurjanti kepada Radar Metro, Kamis (29/8/2019).

Menurutnya, untuk SP2020 rencananya akan mulai disosialisasi secara intens kepada masyarakat mulai Oktober tahun 2019 mendatang. Karena itu persiapan-persiapan tengah dilakukan BPS. Terlebih dalam pelaksanaan SP2020 metode yang digunakan dalam pendataan berbeda dengan SP2010 lalu.

“Jika tahun 2010 lalu, metode yang digunakan secara manual, tahun 2020 menggunakan metode dengan kecanggihan teknologi. Ini seperti program CAWI (Computer Assisted Webinterviewing) dan CAPI (Computer Assisted Personal Interviewing),” paparnya.

Meski begitu, diakuinya akan banyak hal baru yang menjadi tantangan BPS. Namun hal tersebut bukan menjadi hambatan yang berat dengan adanya dukungan dari pemkot.

“Pemkot sangat luar biasa dan mendukung penuh program BPS. Ditambah masyarakatnya juga menyambut baik. Selain itu akses internetnya juga mudah, insyaallah tidak ada masalah untuk Kota Metro. Kami optimis dengan partisipasi masyarakat dan dukungan penuh pemerintah SP2020 akan berlangsung dengan sukses,” tukasnya. (ria)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM