KPU Usulkan Anggaran Pilkada Rp21 M

METRO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro mulai mempersiapkan rencana pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020 mendatang. Ini dilakukan dengan mengusulkan anggaran Pilkada senilai Rp21 miliar.

“Usulan anggaran Pilkada ini kami lakukan secara bertahap. Untuk tahun ini usulan anggaran sebesar Rp250 juta. Sisanya diusulkan pada APBD 2020 mendatang,” terang Ketua KPU Kota Metro Sukatno, Kamis (1/8/2019).

Ia menjelaskan, usulan anggaran senilai Rp21 m tersebut diasumsikan untuk pilkada dengan jumlah pasangan calon (Paslon) yang maju sebanyak 6 paslon. Itu dilakukan merujuk jumlah partai politik (parpol) yang mampu mengusung masing-masing paslon.

“Usulan anggaran ini dengan mempertimbangkan jumlah paslon yang akan maju dalam Pilkada mendatang. Seperti melihat parpol yang kini duduj di kursi DPRD, sedikitnya ada 4 parpol yang bisa mengusul paslon. Selain mengusung sendiri, usulan anggaran juga diasumsikan dengan adanya koalisi dari beberapa parpol,” terangnya.

Menurutnya, tidak hanya usulan paslon dari parpol usulan anggaran tersebut juga dengan mempertimbangkan adanya 2 paslon dari independen yang akan maju dalam Pilkada 2020 mendatang. Karena persiapan harus dilakukan dengan matang, jika nantinya ada paslon independent yang juga akan maju.

“Kita melihat dari pengalaman pilkada sebelumnya, ada 5 paslon yang maju dalam pilkada. Namun pertimbangan utama dilakukan melihat jumlah parpol yang bisa mengusung paslon maupun paslon independen,” ungkapnya.

Meski begitu, ia mengaku jika anggaran tersebut nantinya tidak habis digunakan untuk Pilkada mendatang, anggaran tersebut akan dikembalikan ke kas daerah. “Kita gunakan sesuai dengan peruntukannya. Jika nanti anggaran sisa akan kita kembalikan ke kas daerah,” tukasnya. (ria)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM