Realisasi PBB Capai 45,43 Persen

METRO – Realisasi pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak bumi dan bangunan (PBB) mencapai 2,6 miliar dari target yang ditetapkan sebesar 5,9 miliar. Dengan kata lain tunggakan PBB masih mencapai Rp3,2 miliar.

Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Restribusi Daerah (BPPRD) Kota Metro Arif Joko Arwoko menjelaskan, dari pokok pajak yang ditetapkan tersebut realisasi tertinggi dicapai oleh Kelurahan Mulyosari, Kecamatan Metro Barat. Yakni dari target yang ditetapkan sebesar Rp112,6 juta terealisasi sebesar Rp67,1 juta atau sebesar 59,58 persen.

“Sedangkan realisasi PBB terendah yakni Kelurahan Purwosari, Kecamatan Metro Utara. Yakni dari target yang ditetapkan sebesar Rp168,2 juta terealisasi sebesar Rp47,7 juta atau sebesar 28,36 persen,” terangnya.

Menurutnya, masih rendahnya pencapaian PBB tersebut disebabkan karena kurangnya kesadaran masyarakat dalam membayar PBB. Meski begitu melalui kelurahan pihaknya terus berupaya untuk menggenjot perolehan PBB di Buni Sai Wawai.

“Untuk penagihan PBB ini sudah dilakukan kelurahan melalui kolektor pajak. Diharapkan dengan upaya ini masyarakat dapat meningkatkan kesadarannya khususnya untuk membayar PBB. Apalagi pembayaran PBB ini juga diperuntukan bagi masyatakat untuk pembangunan,” tukasnya. (ria)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM