39 Desa Di Mesuji, Deklarasikan Diri Sebagai Desa ODF

MESUJI – Sebanyak 39 desa di Kabupaten Mesuji mendeklarasikan diri sebagai Desa Open Defecation Free (ODF) atau Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBABS). Deklarasi dilaksanakan di Taman Kehati Mesuji, Rabu (11/09/2019).

Hadir pada kesempatan itu, Plt Bupati Mesuji Saply TH, Kapolres Mesuji AKBP Edi Purnomo, Perwira Penghubung Kodim 0426/Tulang Bawang Mayor Arm. Wahyudi, Pj Sekretaris Daerah Indra Wijaya Kusuma, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mesuji Nelliwati Saply, Tim Verifikator ODF Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, serta seluruh camat dan kepala desa.

Selain itu, pada kesempatan yang sama dua kecamatan yakni Kecamatan Simpang Pematang dan Panca Jaya juga dideklarasikan sebagai Kecamatan ODF.

Dalam sambutannya, Plt Bupati Saply menyambut baik dengan dilaksanakannya kegiatan ini dalam rangka peningkatan taraf kesehatan masyarakat di Kabupaten Mesuji sekaligus sebagai upaya menyukseskan Program ODF Nasional.

Dia berharap pencanangan deklarasi ini tidak sebatas seremoni saja, namun harus semakin memotivasi masyarakat dalam rangka membudayakan hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

“Melalui momentum ini, saya ingin agar desa-desa dan kecamatan lain yang belum ODF juga segera terpacu mewujudkannya. Semata-mata bukan sekadar untuk meraih predikat sebagai desa ODF, namun komitmen kita dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Untuk itu, saya berharap komitmen dan upaya kita bersama,” ucap Saply.

Sementara itu, Kasi Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji Meta Ria mengatakan jika saat ini sudah 55 desa se-Kabupaten Mesuji yang sudah ODF.

“Dari total 105 desa, masih ada 50 desa yang belum ODF. Ditargetkan tahun 2020, seluruh desa di Kabupaten Mesuji sudah 100% ODF,” jelasnya. (Agil)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM