Gelorakan Semangat Baca, Dispusarda Ajak Warga Donasi Buku

METRO – Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusarda) kembali akan menyelenggarakan berbagai kegiatan pada peringatan Hari Kunjung Perpustakaan (HKP). Peringatan HKP tersebut akan digelar dengan membuka donasi buku.

“Ada beberapa kegiatan pada peringatan HKP tahun ini. Sedikit berbeda dengan tahun lalu kita akan menggelar gerakan donasi buku dengan tagline Jukpaibukumeu (Berikanlah bukumu). Selain itu juga akan digelar talkshow dengan beberapa tema seperti tema literasi, tema ekonomi kreatif dan lainnya,” terang Kepala Dispusarda Kota Metro Syachri Ramadan dikonfirmasi Radar Metro, Selasa (10/9/2019).

Menurutnya, dengan kegiatan talkshow diharapkan dapat memberikan motivasi dan menginspirasi masyarakat berkaitan dengan literasi secara lebih luas. Dalam kegiatan ini rencananya akan menghadirkan tokoh literasi atah penulis nasional yaitu Boy Chandra.

Tidka hanya itu, dalma kegiatan inj juga akan digelat gelaran 100 m lorong lapak baca. Selain lapak baca berisi materi bahan bacaan juga lapak baca inklusi sosial yg lebih menampilkan produk hasil literasi. Selanjutnya, bazaar dan bedah buku, pameran foto arsip bernilai sejarah, photo booth serta pameran sketsa.

“Kegiatan ini juga diselenggarakan dengan melibatkan perguruan tinggi, beberapa komunitas seperti komunitas literasi, komunitas seni, budaya dengan berbagai organisasi masing-masing yang tergabung dalam kepanitiaan,” ungkapnya.

Diakuinya, kegiatan ini selain sebagai sarana mempromosikan eksistensi perpustakaan. Selain itu juga untuk mendorong peningkatan minat budaya baca masyarakat.

“Kegiatan ini juga bertujuan bagaimana menjadikan perpustakaan sebagai katalisator perubahan budaya dengan pendekatan pelayanan perpustakaan. Utamanya berkomitmen meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat pemustaka melalui transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial,” ungkapnya.

Ia berharap dengan diselenggarakan kegiatan tersebut dapat mendukung terwujudnya Kota Metro sebagai kota pendidikan. Selain itu juga untuk mendorong terwujudnya masyarakat Kota Metro menjadi masyarakat pembelajar. (ria)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM