Soal Penetapan Pimpinan Definitif, DPRD Surati Parpol

METRO – Sekretariat DPRD Kota Metro mengirimkan surat ke sejumlah partai politik (Parpol) pemenang pemilihan legislatif (Pileg). Itu menyusul belum adanya surat penetapan pimpinan definitif DPRD Kota Metro.

“Surat sudah saya tandatangani. Tinggal sekretariat mengirim ke masing-masing parpol,” terang Ketua DPRD Sementara Kota Metro Subhan dikonfirmasi Radar Metro, Selasa (10/9/2019).

Menurutnya, surat tersebut dikirimkan kepada partai pemenang Pileg lalu. Diantaranya Partai Golkar untuk menetapkan Ketua DPRD definitif, PDIP untuk Wakil Ketua I definitif dan ke PKS untuk Wakil Ketua II definitif.

“Penetapan Pimpinan DPRD Definitif ini memang harus segera dilakukan. Ini menyusul rencana pembahasan RAPBD tahun 2020 mendatang. Karena setelah penetapan, kita baru bisa melakukan pembahasan mengenai RAPBD tahun 2020,” ungkapnya.

Terpisah dikonfirmasi Sekretaris DPRD Kota Metro Budiono membenarkan hal tersebut. Ia mengakui bhawa surat tersebut telah dikirimkan ke masing-masing parpol pemenang Pileg. “Surat sudah kami kirimkan ke masing-masing parpol. Untuk saat ini kami masih menunggu surat balasan untuk penetapan untuk pimpinan definitif,” tukasnya.

Sebelumnya, Ketua DPD II Partai Golkar Kota Metro Achmad Pairin memastikan dalam jangka waktu 1 bulan rekomendasi penetapan ketua definitif sudah keluar. Terlebih sudah banyak agenda yang harus disusun salah satunya penyusunan Raperda APBD tahun anggaran 2020.

“Paling lambat September ini sudah harus keluar rekomendasinya. Karena kita punya agenda paripurna penetapan RAPBD tahun 2020 pada 30 November 2019. Nah dengan agenda itu, maka pembahasan APBD ini kan gak cukuo 1 bulan, paling gak 2 bulan. Maka paling lambat September ini rekomendasi sudah keluar,” terang Achmad Pairin yang juga Walikota Metro.

Meski begitu, lanjut Pairin, Ketua DPRD Sementara saat ini juga memiliki tugas dalam pembentukan Alat Kelengkapan DPRD (AKD). Ini terutama menyusun tata tertib dan lembaga-lembaga di DPRD.

“Nanti setelah pembentukan AKD baru ditetapkan ketua definitifnya. Saat ini itu menjadi tugas Bapak Subhan. Tapi untuk penetapan ketua definitif, paling lambat September ini sudah keluar,” ungkapnya. (ria)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM