1.192 Penerima Iuran PBI-JK Diverifikasi

METRO – Dinas Sosial (Disos) Kota Metro masih melakukan proses verifikasi data penerima bantuan iuran jaminan kesehatan (PBI-JK). Itu menyusul keputusan Menteri Sosial RI bahwa ada 1.192 jiwa peserta PBI-JK yang dinonaktifkan karena tidak masuk ke dalam Basis Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Kita masih menunggu 2 kelurahan. Dari data yang diverifikasi ini masih banyak yang terdaftar di BPJS dengan nomor kepesertaan yang lain,” terang Kepala Disos Kota Metro Suwandi melalui Kasi Data Disa dikonfirmasi Radar Metro, Rabu (9/10/2019).

Ia mengatakan, selain melakukan verifikasi data bagi penerima iuran PBI-JK pihaknya juga tengah melakukan verifikasi bagi 2.238 warga lainnya yang masuk sebagai peserta PBI, tetapi belum terdaftar kedalam Basis DTKS. “Untuk data 2.238 warga ini masih dalam proses di lapangan,” terangnya.

Sebelumnya, Suwandi menjelaskan verval tersebut dilakukan agar para peserta PBI-Jk tersebut bisa masuk ke dalam Basis DTKS dan didaftarkan kembali kepesertaannya sebagai penerima bantuan jaminan kesehatan (PBI-JK). Verifikasi tersebut dilakukan langsung oleh tim dari Kemensos didampingi oleh tim dari Disos Kota Metro.

Diakuinya, sampai saat ini jumlah warga peserta BPJS Kota Metro yang dibiayai melalui dana APBN jumlahnya mencapai 31.000 jiwa lebih. Sementara untuk peserta BPJS yang dibiayai melalui dana APBD Kota Metro kurang lebih mencapai 21.000 jiwa. (ria)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM