387 Bidang Tanah Milik Pemkot Disertifikatkan

METRO – Kantor Pertanahan Kota Metro mencatat sebanyak 387 bidang tanah milik Pemerintah Kota Metro telah disertifikatkan. Ini sebagai upaya Kantor Pertanahan untuk terus meningkatkan pencapaian realisasi sertifikat tanah di Bumi Sai Wawai.

Kepala Kantor Pertanahan Kota Metro Rahmat, APtnh, M.M, mengatakan sejak tahun 2017 kegiatan pendaftaran tanah ini sudah menghasilkan 11.005 bidang tanah yang terdaftar. Selanjutnya untuk tahun ini Kota Metro mendaoat sebanyak 2.500 bidang tanah dan sudah terealisasi 100 persen.

“Untuk tahun depan mudah-mudahan kita mendapatkan kuota lagi untuk 2.000 bidang tanah. Sehingga diharapkan dapat memaksimalkan pencapaian sertifikat tanah,” ungkapnya.

Selanjutnya, selain dari peningkatan pencapaian sertifikat tanah Kantor Pertanahan juga telah berkontribusi meningkatkan penerimaan pajak dari Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Menurutnya, dari tahun ke tahun perenerimaan pajak BPHTB selalu meningkat. Seperti tahun 2017 lalu sebesar Rp2,8 miliar dari tahun 2018 sebesar Rp4,2 miliar.

Sementara itu, dari total luas lahan di Kota Metro sebesar 64.817 bidang tanah, sebanyak 62.817 bidang tanah sudah terdaftar di Kantor Pertanahan Kota Metro. Artinya sebanyak 96 persen bidang tanah di Bumi Sai Wawai sudah disertifikatkan. (ria)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM