SK Pimpinan DPRD Turun, Pelantikan Dijadwalkan Rabu

METRO – Sekretariat DPRD Kota Metro kembali berkoordinasi dengan Pengadilan Negeri (PN). Itu dilakukan menyusul rencana pelantikan pimpinan definitif DPRD. Pasalnya, dewan mengagendakan rencana pelantikan akan dilakukan Rabu (23/10/2019) mendatang.

“SK penetapan pimpinan definitif dari Bapak Guberbur sudah keluar. Dalam SK itu telah ditetapkan bahwa Wakil Ketua I dijabat oleh Ibu Anna Morinda dari PDIP dan Wakil Ketua II dijabat oleh Bapak Ahmad Khusaini dari PKS,” terang Sekretaris DPRD Kota Metro Budiono dikonfirmasi Radar Metro, Senin (21/10/2019)

Karenanya pihaknya tengah berkoordinasi dengan PN mengenai pelantikan tersebut. Rencananya pelantikan pimpinan definitif tersebut akan dilakukan bersamaan dengan pelantikan anggota DPRD Wahid Asngari dari PKB yang sedang melaksanakan ibadah haji saat proses pelantikan lalu.

“Nanti kita lakukna rapat paripurna pelantikan pimpinan definitif. Pimpinan definitif ini akan dilakukan oleh Ketua PN. Kemudian setelah pelantikan pimpinan dilanjutkan pelantikan Bapak Wahid Asngari oleh pimpinan DPRD,” jelasnya.

Diakuinya, pasca pelantikan jabatan pimpinan definitif tersebut maka jabatan Ketua DPRD Sementara secara otomatis tidak lagi berlaku. Hak ketua sementara juga tidak lagi melekat dan menjadi angota biasa.

“Setelah pimpinan definitif dilantik maka secara otomatis kinerja DPRD dipimpin oleh pimpinan definitif. Untuk Ketua DPRD Sementara tidak lagi menjabat sampai nanti dari Partai Golkar menyerahkan surat rekomendasi untuk Ketua DPRD Dedinitif,” ungkapnya.

Menurutnya, setelah pimpinan definitif tersebut dilantik maka tugas pertama yang akan dilakukan yakni membentuk alat kelengkapan dewan (AKD). Kemudian menyusun KUAPPAS tahun 2020 dan RKPD. Selanjutnya membahas RAPBD tahun 2020.

“Dengan waktu yang tersisa kurang lebih 1 bulan kerja ini, DPRD dan ekskutif memang harus bekerja keras. Karena untuk pembahasan RAPBD ini harus sudah selesai 30 November 2019,” pungkasnya. (ria)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM