BNN Sosialisasi Bahaya Narkoba ke Siswa SD dan SMP

METRO – Badan Nasional Narkotika (BNN) Kota Metro kembali menggelar sosialisasi Pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN). Sosialisasi P4GN tersebut dilakukan dengan penyuluhan bahaya narkoba kepada siswa siswi SD dan SMP se-Kota Metro. Kegiatan ini juga digelar dengan bekerjasama Penggiat Anti Narkoba dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro.

Kepala BNN Kota Metro Saut Siahaan. melalui Kasi P2M BNN Kota Metro, Ari Kurniawan, mengatakan sosialisasi P4GN diikuti oleh 120 peserta perwakilan siswa/siswi dari SD dan SMP di 5 wilayah kecamatan di Kota Metro. Kegiatan ini juga merupakan hasil kerjasama dan kolaborasi antara Penggiat Anti Narkoba dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro.

“NKRI saat inj sudah berada dalam kondisi darurat narkoba. Karena dari hasil penelitian BNN RI dan Puslitkes UI pada tahun 2017 menunjukkan bahwa angka prevalensi penyalahguna narkoba di Indonesia telah mencapai angka 3,3 juta orang. Artinya ada sekitar 30 jiwa lebih meninggal per hari karena narkoba, dengan kerugian negara tahun 2017 akibat narkotika ini telah mencapai 84 trilyun lebih,” paparnya.

Diakuinya, jika dilihat dari sebaran penyalahguna narkoba, sebesar 59,3% penyalahguna berasal dari lingkungan kerja, 23,7% berasal dari lingkungan pendidikan dan 17% berasal dari lingkungan masyarakat. Berdasarkan hasil studi tersebut, Provinsi Lampung berada pada peringkat ke-8 dari 34 provinsi di Indonesia dan urutan ke-3 bagi provinsi di Pulau Sumatera terkait tingginya angka prevalensi penyalahguna narkoba.

“Dengan kegiatan ini diharapkan siswa memiliki pemahaman yang benar tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, memiliki kesadaran tentang pentingnya pencegahan penyalahgunaan narkoba, terbangun komitmennya untuk menghindari penyalahgunaan narkoba, serta secara aktif mampu menerapkan upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolah secara mandiri. Harapannya adalah agar setelah mengetahui dan memahaminya dapat timbul kesadaran dan memiliki sikap dan karakter yang tegas untuk menolak. segala bentuk penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba khususnya di lingkungan pendidikan. Peserta juga diharapkan dapat menyebarluaskan pengetahuan P4GN ini kepada seluruh anggota keluarga, rekan-rekan siswa yang lain serta masyarakat sekitar tempat tinggal,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro, Ria Andari yang hadir dan membuka acara, menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada BNN Kota Metro yang telah bersedia menjadi narasumber dan memberikan penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkoba kepada para siswa SD dan SMP di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Metro. Penyuluhan bahaya narkoba ini dinilai penting mengingat usia para pelajar merupakan usia produktif yang wajib dan perlu mendapatkan pemahaman yang benar tentang P4GN.

“Upaya pencegahan terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba menuntut partisipasi dan kerjasama dari banyak pihak. Semua pihak harus berperan serta aktif dalam mewaspadai ancaman bahaya narkoba di lingkungannya guna menciptakan lingkungan yang sehat, aman, nyaman, serta bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba,” bebernya. (ria)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM