Mimik : Siapkan Data Kependukan Jelang SP2020

METRO – Masyarakat Kota Metro diimbau untuk mempersiapkan diri menjelang Sensus Penduduk (SP) tahun 2020. Persiapan SP2020 dapat dilakukan dengan mempersiapkan data kependudukan.

“Untuk SP2020 ini akan dilakukan secara mandiri dengan sistem online. Masyarakat hanya perlu mempersiapkan dokumen kependudukan seperti kartu keluarga, KTP dan surat akta nikah ataupun cerai, yang akan diinput dalam website sensus.bps.go.id,” terang Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Metro Mimik Nurjanti.

Ia menjelaskan, pelaksanaan SP2020 akan dilakukan secara berbeda dari sensus penduduk tahun-tahun sebelumnya. Yakni pada SP2020 difokuskan pada pematangan persiapan lapangan, sosialisasi awal hingga strategi dan kendala yang akan dihadapi petugas SP2020 di lapangan.

“SP2020 ini juga akan dilakukan dengan metode kombinasi, yaitu sensus online dan pendataan door to door di lapangan. Artinya, bagi masyarakat yang belum melakukan pemuktahiran data dirinya di sensus online, BPS akan tetap melakukan pengumpulan data lapangan melalui door to door. Yakni dilakulam pada 1-30 Juli 2020. Sedangkan, tanggal 31 Juli 2020 ditetapkan sebagai census date, yaitu untuk mendata masyarakat yang tidak menetap,” paparnya.

Karenanya, lanjut Mimik, untuk saat ini BPS tengah melakukan sejumlah persiapan menjelang SP2020. Salah satunya dengan mengikuti Rapat Teknis Daerah (Ratekda). Dalam ratekda tersebut juga diberikan penghargaan bagu BPS Kota Metro yang berhasil memenangkan beberapa lomba. Diantaranya Juara 2 lomba video dukungan testimoni camat terhadap SP2020, yang dimenangkan oleh Kecamatan Metro Timur.

“Selain itu BPS Kota Metro juga mendapatkan penghargaan sebagai Juara 1, pengelolaan kegiatan diseminasi statistik dan Juara 1 lomba pembuatan markas koordinasi (MAKO) SP2020,” ungkap Mimik.

Dengan penghargaan tersebut ia berharap, dapat memacu semangat kerja pegawai BPS Kota Metro untuk dapat lebih professional, integritas dan amanah (PIA). “Ini terutama dalam memproduksi data yang berkualitas bagi Kota Metro khususnya dan Indonesia pada umumnya,” pungkasnya. (ria)

,

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM