Dewan Dorong Peningkatan Fasum Bagi Penyandang Disabilitas

METRO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro mendorong pemerintah untuk menyediakan fasilitas umum (Fasum) bagi penyandang disabilitas. Ini mengingat minimnya fasum bagi para penyandang disabilitas di Bumi Sai Wawai.

“Konsekuensi dari pengesahan Perda tentang disabilitas itu pemerintah harus menyediakan fasum bagi penyandang disabilitas. Sehingga Kota Metro sebagai Kota Ramah Anak dan ramah disabilitas benar-benar terwujud,” ujar Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Metro Yulianto, Selasa (3/12/2019).

Diakuinya, sejauh ini Kota Metro belum menyediakan fasum bagi para penyandang disabilitas. Karena itu, dewan mendorong pemerintah untuk menyediakan fasum tersebut.

“Kita sudah mengesahkan Perda tentang disabilitas ini. Penganggaran pun juga kita berikan dukungan. Namun memang perlu ada sinergitas antara dinas lainnya,” ungkapnya.

Ia mencontohkna di wilayah Kota Jakarta fasum bagi penyandang disabilitas. Meski Kota Metro merupakan kota kecil bukan tidak mungkin hal ini dapat diwujudkan.

“Pemkot harus bisa mensinergikan antara dinas yang satu dengan dinas lainnya. Misalnya, untuk fasum bisa diusulkan dari DPUTR begitu dengan lainnya. Untuk pelatihan bagi penyandang disabilitas bisa dilakukan oleh Dinas Sosial. Begitu pula dengan Dinas Pendidikan juga usulan dalam bidang pendidikan. Sehingga terwujud sinergitas antara dinas satu dengan lainnya,” paparnya. (ria)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM