Realisasi E-KTP Capai 106 Persen

METRO – Kesadaran masyarakat Kota Metro untuk memiliki E-KTP di Bumi Sai Wawai cukup tinggi. Pasalnya, sepanjang tahun 2019 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Metro mencatat sebanyak 123.310 warga telah memiliki KTP Elektronik (E-KTP).

“Kalau yang sudah perekaman sebanyak 127.989 orang atau terealisasi sebesar 106 persen. Sedangkan yang belum mencetak E-KTP kita 4.679 orang yang belum mencetak E-KTP,” terang Kepala Disdukcapil Kota Metro Maria Fitri Jayasinga.

Menurutnya, belum dicetaknya seluruh warga yang telah melakukan perekaman lantaran masih terbatasnya blangko E-KTP. Karenanya pencetakan KTP diprioritaskan bagi warga pemula atau wajib KTP pemula.

“Dari intruksi Pak Dirjen pencetakan E-KTP diprioritaskan bagi wajib KTP Pemula, karena stok di pusat juga terbatas. Sedangkan bagi yang KTP rusak atau hilang bisa menggunakan surat keterangan (Suket),” jelasnya.

Meski begitu, kata Maria, pada Pilkada mendatang pihaknya menargetkan seluruh masyarakat Kota Metro bisa memiliki E-KTP. Terlebih untuk masa berlaku suket tersebut terbatas dengan jangka waktu selama 6 bulan.

“Jadi nanti kalau masa berlaku suket habis bisa langsung tukar E-KTP. Tapi insyaallah sampai Pilkada nanti, sudah tidak ada lagi yang menggunakan suket,” pungkasnya. (ria)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM