Waspada Cuaca Buruk Tiga Hari ke Depan di Lampung

Lampung – Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung memprediksikan cuaca ekstrem atau tiga hari kedepan harus diwaspadai Masyarakat di baberapa wilayah Provinsi Lampung dari tanggal 10 hingga 12 mendatang, Senin(10/2).

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudy Haryanto mengatakan bahwa terpantau sirkulasi siklonik di wilayah Kalimantan bagian barat, kemudian aliran udara di wilayah Lampung secara umum dari arah barat – barat laut. 

“Dari situ terbentuk belokan angin di wilayah Lampung bagian tengah dan utara. Suhu muka laut berkisar antara 29°C – 30°C dengan anomali berkisar antara +0,5 hingga +1,0. MJO terpantau di kuadran 5, sehingga kurang berkontribusi terhadap peningkatan kondisi cuaca di wilayah Lampung. Kelembaban udara di lapisan 850 mb dan 700 mb diprakirakan sedang hingga tinggi (70% – 100%) pada sore dan malam hari, jadi memang untuk tiga, hari kedepan perlu diwaspadai karena pertumbuhan awan hujan yang begitu signifikan,” katanya.

Adapun beberapa wilayah yang diprediksi akan didatangi hujan berserta kilatan petir dan angin kencang seperti Lampung Timur, dan Lampung Utara.

“Hujan lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah Pesisir Barat, Lampung Barat, Tanggamus, Pringsewu, dan Bandarlampung pada pagi hari serta di wilayah Lampung Barat, Lampung Utara, Tanggamus, Pringsewu, Pesawaran, Bandarlampung, dan Lampung Timur pada siang hingga sore hari, lalu untuk wilayah Mesuji, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Way Kanan, Lampung Utara, dan Lampung Tengah pada malam dan dini hari,” ungkapnya.

Terkait hal itu semua, Rudi meminta masyarakat agar selalu waspada terhadap semua  kemungkinan yang akan terjadi. “Jadi harap berhati-hati dengan kondisi ini terutama untuk wilayah yang memang sudah pernah mengalami dampak, dan juga selalu waspada untuk menghadapi kemungkinan yang akan terjadi,” tandasnya.(Mel/yok)

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Konten ini mengandung hak cipta dari RADARMETRO.COM